Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Saat Menaiki Pesawat Terbang

Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Saat Menaiki Pesawat Terbang

Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Saat Menaiki Pesawat Terbang – Tidak sedikit orang yang merasa ketakutan saat menaiki pesawat terbang apalagi untuk melakukan perjalanan ke luar negara. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab ada banyak sekali cara mudah mengatasi fobia terbang tersebut. Bagi Anda yang belum tahu maka dari itu simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai ragam cara mengatasi rasa takut ketika menaiki pesawat terbang.

1. Yakinkan Diri
Langkah pertama yang wajib Anda lakukan untuk menghadapi fobia terbang tersebut tidak lain dengan memantapkan diri. Meskipun perjalanan jarak jauh ini mempunyai risiko yang begitu tinggi namun Anda wajib mengontrol emosi untuk menekan rasa takut tersebut. Apabila Anda melihat pesawat terbang yang jatuh di berita, maka tepis anggapan bahwa armada tersebut berbahaya. Melainkan asumsikan bahwa banyaknya pesawat yang lepas landas tersebut mendarat dengan selampai ke lokasi tujuan setiap harinya.

Sebab kecelakaan pesawat memang cukup jarang terjadi sehingga Anda harus mempunyai pemikiran positif bahwa armada tersebut tidak berbahaya. Namun meskipun begitu anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya berhasil untuk menghadapi fobia terbang. Butuh waktu yang lama dan juga latihan berkali-kali supaya rasa takut tersebut menghilang dengan sendirinya. Lebih baik yakinkan diri dan jangan terlalu keras, tenangkan pikiran Anda dan coba nalar dengan baik supaya rasa takut tersebut tidak dibawa terlalu jauh.

2. Hadapi Rasa Takut
Meskipun telah meyakinkan diri tetapi tidak jarang-jarang orang masih merasa takut. Namun hal itu wajar apalagi jika Anda baru pertama kali naik pesawat terbang. Anda harus menghadapi rasa takut tersebut supaya tidak semakin menjadi-jadi. Cara awal untuk menghadapi fobia tersebut yaitu dengan menonton video youtube mengenai pesawat yang lepas landas. Bahkan, Anda juga bisa mendengarkan audio penerbangan turbulensi maupun sekedar pergi ke bandara saja dan menyaksikan pesawat lepas landas.

Setelah itu Anda bisa mencobanya dengan menaiki pesawat terbang. Sebagai informasi tambahan ternyata Anda juga bisa mencoba terapi keterpapaaran realitas virtual. Di mana nantinya apa yang Anda takuti tersebut bisa ditenangkan oleh sistem terapi virtual itu tadi sehingga dapat mengurangi kecemasan dalam jangka panjang. Dengan begitu nantinya Anda tidak perlu membeli tiket pesawat terbang untuk menghadapi rasa takut atau fobianya.

3. Alihkan Perhatian Ketika Dalam Perjalanan
Saat Anda berada dalam kondisi yang begitu cemas tentunya pikiran tidak akan bisa berpikir jernih. Maka dari itu salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berpikiran secara rasional sehingga Anda bisa benar-benar fokus. Dengan kata lain Anda bisa mengalihkan perhatian dengan beberapa aktivitas. Salah satunya yaitu dengan membiarkan otak Anda bekerja aktif baik itu menonoton tv, bermain teka teki silang, sudoku, membaca novel, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Dengan begitu nantinya perhatian Anda akan teralihkan dari rasa takut ketika menaiki pesawat terbang.

4. Saat Mengalami Turbulensi Lakukan Penanganan Yang Tepat
Ketika penerbangan Anda mengalami turbulensi maka lakukan penanganan yang tepat dengan segera supaya tidak terjadi hal-hal buruk. Caranya sendiiri sangat gampang yaitu dengan mengambil napas sedalam-dalamnya dengan begitu nantinya Anda akan menjadi sedikit lebih tenang. Ingatkan diri Anda untuk selalu dalam pikiran yang tenang dan kumpulkan asumsi tentang keselamatan penerbangan.

5. Dapatkan Pengobatan
Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang pastinya Anda wajib mengkonsultasikannya kepada dokter terkait obat-obatan yang akan digunakan nantinya. Biasanya obat untuk mengatasi hal tersebut tidak lain adalah Valium maupun Xanax. Namun meskipun begitu jangan sembarangan minum obat karena setiap orang mempunyai efek yang berbeda. Bahkan kondisi tubuh antara satu orang dengan yang lainnya juga berbeda untuk itu Anda wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

Dengan begitu nantinya perjalanan Anda akan terasa nyaman dan aman tanpa khawatir terhadap fobia itu tadi. Perlu Anda ketahui juga bahwa obat-obatan tersebut memang tidak menyelesaikan masalah dalam jangka waktu panjang. Melainkan hanya menghilangkan kecemasan beberapa saat saja. Namun meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena obat-obatan tersebut sangat berguna untuk menangkal rasa cemas ketika mengendarai pesawat terbang.

6. Fokus Pada Tujuan
Terakhir Anda wajib fokus memikirkan alasan mengapa melakukan penerbangan ke tujuan tersebut. Dengan memikirkan alasan-alasan tersebut maka nantinya Anda akan memiliki niatan positif agar saat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Dengan kata lain Anda membiatkan rasa tidak nyaman tersebut demi mencapai tujuan lokasi yang akan didatangi. Namun meskipun begitu hal tersebut justru ampuh untuk melawan rasa takut yang berlebihan karena menaiki pesawat terbang.

Temukan jalan tengahnya dan Anda akan keluar dari zona nyaman sehingga menuju ke tujuan yang lebih penting. Apabila Anda telah benar-benar nyaman amaka nantinya Anda tidak akan khawatir lagi untuk menghadapi rasa takut ketika menaiki pesawat terbang. Namun jika Anda masih merasa tidak nyaman maka nantinya akan diliputi rasa cemas dan panik. Sehingga di perjalanan Anda tidak bisa fokus pada tujuan lokasi dan malah membayangkan hal-hal buruk ketika menaiki pesawat terbang.

Sebagai saran tambahan coba pikirkan tentang tujuan Anda tadi dan apa yang penting ketika menuju ke lokasi perjalanan tersebut. Misalnya saja Anda ingin segera melihat pemandangan alam yang sejak lama diimpikan dan menjelajahi tempat baru. Bahkan Anda juga bisa memikirkan untuk melihat raut wajah keluarga dan sanak saudara karena sudah lama tidak pulang kampung. Semua itu bisa Anda pikirkan demi fokus pada tujuan perjalanan.